Tanya Jawab

Manajemen Sumber Daya Manusia: Pengertian, Fungsi, dan Tujuan

Supaya bisa lebih paham dengan manajemen sumber daya manusia, maka pahami dengan baik pengertian manajemen sumber daya manusia tersebut. Penjelasan istilah tersebut juga berkaitan dengan pengertian dari kata manajemen, sumber daya, dan juga manusia itu sendiri.

Menonton: Manajemen Sumber Daya Manusia: Pengertian, Fungsi, dan Tujuan

Penjelasan sederhana dari beberapa kata tersebut meliputi proses pengelolaan atau mengelola sesuatu merupakan makna dari manajemen, adanya ketersediaan terbatas pada nilai potensi sesuai adalah arti dari sumber daya, dan individu yang menjadi tenaga kerja disebut dengan manusia.

Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia

Pengertian manajemen sumber daya manusia pada umumnya adalah proses dan juga upaya dalam mengembangkan, merekrut, dan juga memotivasi atau evaluasi dengan lebih menyeluruh. Pada sumber daya manusia yang diperlukan di suatu perusahaan untuk mencapai tujuannya.

Manajemen SDM ini juga melibatkan sejumlah fungsi yang ada di dalamnya yaitu fungsi pengorganisasian, pengendalian, perencanaan, dan juga pengarahan.

Manajemen sumber daya manusia tersebut perannya ada di dalam proses organisasi secara keseluruhan, baik di pihak pegawai ataupun pihak perusahaan.

Dalam kenyataannya, penerapan manajemen SDM ini terdiri dari implementasi perencanaan, pengelolaan karir, evaluasi kinerja, desain, penyusunan karyawan, dan hubungan ketenagakerjaan. Hal-hal yang meliputi manajemen SDM ini diantaranya yaitu:

  • Manajemen SDM yang melibatkan pengembangan, pengadaan, dan juga pemeliharaan sumber daya manusia.
  • Manajemen SDM menjadi ilmu multidisiplin yang meliputi studi mengenai psikologi, ekonomi, manajemen, komunikasi, dan sosiologi.
  • Manajemen SDM akan membantu mencapai tujuan individu, sosial, dan juga organisasi.
  • Manajemen SDM juga melibatkan semangat dari tim dan juga kerja tim yang menjadi proses berkelanjutan.

Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia

Jika mengacu kepada pengertian manajemen sumber daya manusia maka hal itu masih berhubungan dengan interaksi antar anggota, dan dengan pengaturan tenaga kerja di suatu perusahaan.

Ada beberapa manfaat dan juga fungsi dari penerapan manajemen SDM di suatu perusahaan, yaitu sebagai berikut:

1. Evaluasi Kinerja

Manajer harus bisa bertanggung jawab dalam melakukan evaluasi pada setiap tenaga kerjanya.

Adanya manajemen SDM ini akan memberi penilaian pada kinerja dari pegawai serta bisa memastikan setiap tenaga kerja, dalam melakukan tanggung jawab dari pekerjaannya tersebut.

2. Pelatihan dan Pengembangan

Seperti yang sudah disebutkan di dalam pengertian manajemen sumber daya manusia, yang dimana manajemen ini akan mengatur hubungan antara tenaga kerja, maka hal itu juga bisa dilakukan untuk pengarahan serta pelatihan yang pada setiap anggota perusahaan.

Manajer juga akan bertanggung jawab pada pemutusan hubungan kerja, apabila ada anggotanya yang tak memenuhi kriteria dalam hal kualitas tenaga kerja. Kualitas tersebut tentu yang memang diperlukan oleh perusahaan atau adanya kelebihan jumlah tenaga kerja.

3. Hubungan Antar Karyawan

Sebuah perusahaan/bisnis yang menerapkan manajemen ini dengan cara yang tepat maka bisa menghindari masalah, yang masih berhubungan dengan serikat pekerja di perusahaan tersebut.

Keteraturan di dalam hubungan diantara karyawan dengan pemimpin perusahaan, bisa mencegah munculnya serikat pekerja. Seperti misalnya adanya aksi mogok kerja, mengikuti demo, dan masalah lainnya yang masih berhubungan dengan tenaga kerja tersebut.

4. Kepegawaian

Adanya manajemen SDM juga akan membentuk perencanaan yang baik, yang berhubungan dengan seleksi tenaga kerja yang juga disesuaikan kembali dengan kebutuhan dari perusahaan yang bersangkutan.

Peran seorang manajer adalah untuk menyaring kembali tenaga kerja yang sudah sesuai dengan keahliannya, dan juga komposisi yang dimiliki oleh suatu perusahaan. Tujuannya yaitu supaya tak ada kelebihan atau kekurangan tenaga kerja.

5. Kompensasi

Manajemen sumber daya manusia ini juga masih berhubungan dengan koordinasi dalam pemberian reward/kompensasi, untuk para tenaga kerja. Manajer harus punya tanggung jawab dalam pengembangan struktur pemberian gaji yang baik.

Hal itu akan berhubungan dengan kesesuaian diantara pembayaran, dengan manfaat yang diberikan oleh tenaga kerja.

6. Riset Personalia

Manajer yang baik tentu akan berusaha untuk meningkatkan efektifitas dari jalannya suatu perusahaan, dari analisis pada masalah di setiap pekerja/individu.

Contohnya hal-hal yang masih berhubungan dengan ketidakhadiran berulang, keterlambatan kerja, dan masalah yang lainnya yang bisa muncul karena adanya ketidaknyamanan pada pekerja mengenai sistem perusahaan tersebut.

7. Keamanan dan Kesehatan

Walaupun pengertian dari manajemen SDM ini mengarah pada suatu kepentingan dalam mengatur interaksi diantara tenaga kerja, tetapi dalam peranannya ini tetap harus mengutamakan keselamatan kerja seluruh karyawan.

Keselamatan kerja karyawan harus menjadi prioritas utama dari seorang manajer karena akan memengaruhi kredibilitas perusahaan.

Tujuan Manajemen Sumber Daya Manusia

Berikut ini tujuan dari adanya manajemen SDM di suatu perusahaan:

1. Membantu Perusahaan untuk Mencapai Tujuan

Divisi dari manajemen SDM harus bertanggung jawab dalam menerapkan kebijakan yang dibuat, dan memerhatikan bagaimana dampaknya dari prosedur dan juga kebijakan pada setiap pekerja.

2. Menyelesaikan Masalah

Setiap perusahaan/organisasi tentu akan menghadapi masalah, dan biasanya masalah itu akan membawa perusahaan ke suatu kondisi yang kritis serta risiko yang berdampak negatif untuk setiap pihak.

Maka peran manajemen SDM ini menjadi sangat penting untuk penyelesaian masalah, di suatu perusahaan.

3. Membuat Pertimbangan dan Kebijakan

Tugas lainnya dari manajemen SDM adalah memberi motivasi untuk para pekerja, sehingga bagian divisi yang mengurusi masalah juga harus ikut membantu dalam membuat suatu kebijakan bagi SDM tersebut.

4. Memberikan Dukungan

Tujuan yang sangat penting dari adanya manajemen SDM adalah memberi dukungan penuh pada perusahaan. Bentuk nyata dari dukungan itu adalah perekrutan SDM yang kualitasnya baik.

Pada intinya pengertian manajemen sumber daya manusia adalah proses dalam melantik, merekrut, memberi orientasi, memilih dan juga memberi pelatihan serta pengembangan, memotivasi karyawan dan sebagainya, untuk perusahaan.

Selain itu, jangan lupa juga untuk mempelajari mengenai modernisasi di website ini guys!

Đăng bởi: Kamus Pintar

Chuyên mục: Tanya Jawab

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button

Bạn đang dùng trình chặn quảng cáo!

Bạn đang dùng trình chặn quảng cáo!